Join Photoblog!
pixel
« 
pixel
«  
  »
pixel
S M T W T F S
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30
 »
pixel

Menikmati Matahari Terbenam di Candi Prambanan

2011.09.05
pixel
Matahari terbenam di Candi Prambanan Yogyakarta, Jawa Tengah.Wisatawan asing dan domestik masih meminati wisata sejarah, sebagian candi masih dipugar akibat gempa dan erupsi merapi yang melanda Yogyakarta beberapa waktu lalu. YULIUS SATRIA WIJAYA
pixel
pixel
Wisatawan saat menikmati sunset di Candi
pixel
Pengunjung melakukan ritual dengan berdoa di lingkungan candi Prambanan
pixel
Wisatawan saat sedang menikmati wisata sejarah Candi Prambanan atau sering disebut juga Candi Roro Jonggrang
pixel
Candi Prambanan merupakan candi yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.Prambanan memiliki bangunan setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini menandakan kejayaan Hindu di tanah Jawa.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang

legenda masyarakat Jawa tentang candi ini menceritakan kisah percintaan lelaki bernama Bandung Bondowoso yang mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurang.

Begitulah sepenggal kisah tentang Candi Prambanan, Wisatawan asing maupun domestik selalu berbondong-bondong datang ke Candi Prambanan untuk menikmati keindahannya, Walaupun sebagian candi sedang dipugar dikarenakan oleh Gempa Jogja dan Erupsi gunung Merapi beberapa waktu lalu.
You must be logged in to comment!
Views: 1098
Category: CULTURE/BUDAYA
pixel
« 
pixel
 »
pixel