HARIMAU SUMATERA TERANCAM PUNAH

by Yulius Satria Wijaya July. 11, 2012 12738 views

Populasi harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dalam kondisi kritis. Pembunuhan harimau sumatera dengan berbagai alasan terjadi setiap tahun di Pulau Sumatera. Tahun 2011 saja tercatat sekitar 40 harimau sumatera mati akibat konflik dengan manusia. Kemungkinan dalam beberapa dekade mendatang harimau sumatera akan punah–menyusul jejak harimau jawa (Panthera tigris sondaica) dan harimau bali (Panthera tigris balica).

Dikutip di berbagai sumber, jumlah harimau sumatera tinggal sekitar 400 ekor–berdasarakan data tahun 1992 (Tilson dkk, 1994). Bisa jadi, tahun 1992 jumlah harimau sumatera lebih banyak dari sekitar 400 ekor. Terutama mengingat data yang disajikan oleh Tilson dkk tahun 2010 mengatakan, terdapat 619 harimau sumatera yang telah dibunuh antara tahun 1990 sampai 2000 di enam provinsi di Pulau Sumatera (Bengkulu 215 ekor, Sumatera Selatan 107 ekor, Lampung 91 ekor, Jambi 75 ekor, Riau 73 ekor, dan Sumatera Barat 58 ekor).

Data tahun 2007 memperkirakan harimau sumatera hanya tinggal sekitar 250 ekor (Dephut, 2007). Namun data ini hanya mencakup sebagian wilayah yang diduga ditempati oleh harimau sumatera dan belum meliputi sebagian area lainnya. Dengan kata lain, jumlah harimau sumatera kemungkinan dapat lebih banyak dari sekitar 250 ekor.

Terlepas perdebatan total jumlah harimau sumatera, ada satu persamaanyang perlu digarisbawahi, yakni harimau sumatera terancam punah dari muka bumi. Andai jumlah harimau sumatera di atas 400 ekor pun, tetap diperkirakan kuantitas ini akan semakin menurun dan semakin mendekati garis kepunahan apabila pembunuhan terhadap harimau sumatera tidak segera diatasi dengan cepat.

Banyak hal yang menytebabkan kritisnya populasi harimau, dikarenakan konflik dengan manusia, penebangan hutan dll. Tergerusnya habitat alam oleh tangan jahil manusia membuat keberadaan harimau terusik kadang sering kepemukiman. Kegiatan konservasi dan kepedulian masyarakat kepada habitat harimau yang tinggal satu-satunya di Indonesia harus digiatkan kembali. Sumber data: jurnas.com dan riauposariini.com. YULIUS SATRIA WIJAYA

sumatran tiger

  Be the first to like this post
Join the conversation
2
There are 2 comments , add yours!
Skydreamer 7 years, 4 months ago

wow

7 years, 4 months ago Edited
Mack 7 years, 4 months ago

waduuuhhh, kasian lo harimau ini...
love shots

7 years, 4 months ago Edited
Up
Copyright @Photoblog.com