Mengamen Ondel-Ondel Untuk Biaya Sekolah

by Yulius Satria Wijaya December. 03, 2012 11948 views

Tepat matahari diatas kepala terlihat bocah yang membawa ember biru dengan sebuah boneka besar khas betawi Ondel-ondel yang berjalan mengelilingi taman kota monas, agak unik memang biasa kita lihat jika orang mengamen dengan menggunakan alat musik tarian dan lain-lain, berbeda apa yang dilakukan oleh kedua bocah yang baru menginjak bangku Sekolah Dasar (SD) itu Erdi (11) dan deden (12). Erdi bertugas membawa ember dan meminta uang dengan sukarela, sedangkan Deden membawa Ondel-ondel yang tingginya 2 kali lebih besar dari tubuhnya dan memiliki berat yang lumayan.

Keduanya merupakan saudara kandung keturunan betawi asli yang tinggal di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat. Seusai pulang sekolah mereka berdua rutin melakukan kegiatan mengamen dengan ondel-ondel yang merupakan kebudayaan asli Betawi, penghasilan dari mengamen terbilang lumayan jika di hari biasa ia bisa meraup keuntungan hingga 100 ribu per hari sedangkan weekend ia mampu mengumpulkan uang hingga 200 ribu.

Dari hasil mengamen, ia gunakan untuk tambahan biaya sekolah dan uang jajan, sampai saat ini mereka mampu membiyai sekolahnya sendiri “Lumayan bang bantu-bantu orang tua, maklum kami dari keluarga kurang berada bang” ujar Deden.

Kehadirannya di Monas juga diapresiasi oleh pengunjung yang hadir di monas, selain untuk hiburan anak-anak dan juga sebagai latar belakang untuk foto dengan biaya sukarela “dengan adanya pengamen seperti ini lumayan untuk hiburan dan untuk foto narsis” ungkap Lutfi pengunjung yang menggunakan jasanya untuk foto dengan ondel-ondel.

Dengan adanya mereka berdua setidaknya eksistensi kebudayaan ondel-ondel masih terlihat, karena anak-anak jaman sekarang lebih menyukai budaya-budaya milik orang lain seperti K-Pop, J-Pop dan lain-lain, sedangkan kebudayaan sendiri semakin dilupakan salah satunya ondel-ondel. Yulius Satria Wijaya

Saat menunggu pengunjung untuk berfoto dengan ondel-ondel

Deden merapikan dan membersihkan ondel-ondel miliknya

# Penghasilan mereka terbilang lumayan mencapai 100-200 ribu perhari

# Deden (kiri) menjadi pemikul Ondel-ondel sedangkan Erdi (kanan) sebagai peminta sumbangan

Mengelilingi dan menghibur dengan Ondel-ondel berjoget menjadi pemandangan yang menarik di Monumen Nasional Monas

  Be the first to like this post
Join the conversation
0
Be the first one to comment on this post!
Up
Copyright @Photoblog.com