Menikmati Keindahan Kupu-Kupu di Dalam Bingkai

by Yulius Satria Wijaya February. 03, 2013 15785 views

Keindahan kupu-kupu mungkin hanya bisa kita nikmati di alam terbuka, kini keindahan warnanya dan segala eksotika dari kupu-kupu dapat kita nikmati di dalam bingkai rumah kita. Ide untuk membuat hiasan kupu-kupu dalam bingkai ini tercetus dari pikiran seorang Muhammad Abdul Wahab (50) pria kelahiran Ambon berperawakan besar dan ramah. Berawal dari hobi pecinta alam dengan keluar masuk hutan sebagai Tour Guide kini ia serius menekuni usaha souvenir kupu-kupunya dan sudah dari tahun 1993 usaha ini ia rintis.

Dibantu 15 karyawannya ia mampu mebuat vigura bingkai hingga 4-5 buah perhari, ia memproduksi hiasan, gantung kunci dan vigura bingkai dari yang termurah 6 ribu rupiah s/d 2 juta per hiasan kupu-kupu ataupun serangga, pemasarannya sudah sampai negara Turki, Jepang, Korea dan Eropa.

Dalam proses pembuatan hiasan tidak terlalu rumit karena hanya memerlukan alat sederhana seperti jarum pentul, styrefrom, lem,bingkai dan tanpa bahan pengawet apapun. Ketelitian dan keuletan sangat dibutuhkan dalam pengerjaannya.

Showroom yang terletak dikawasan Pancoran Mas Depok Jawa Barat, yang juga menjadi rumahnya, sering dikunjungi oleh para ilmuwan, mahasiswa dan pembeli hanya untuk sekedar melihat pembuatan dan membeli hasil karya yang dibuat Abdul Wahab. Menurutnya Kupu-kupu yang ia ambil dari alam hanyalah kupu-kupu yang banyak jenisnya dan tidak langka, "Sebenarnya kupu-kupu tidak akan punah jika penebangan hutan dikendalikan, Semua kembali kepada manusianya, mau menghancurkan alam atau mau melestarikan alam. YULIUS SATRIA WIJAYA

Pembuatan kupu-kupu di Showroom milik Muhammad Abdul Wahab

Pekerja saat membingkai kupu-kupu dengan teliti

Muhammad Abdul Wahab menunjukan hasil kerajinannya, dan saat memberikan workshop pembingkaian kepada mahasiswa di rumahnya.

Souvenir yang siap dipasarkan

Showroom Abdul Wahab menjadi museum pribadi, dan berguna bagi ilmu pengetahuan

  Be the first to like this post
Join the conversation
0
Be the first one to comment on this post!
Up
Copyright @Photoblog.com