"SEKOLAH MASTER" HARAPAN ANAK JALANAN UNTUK BERSEKOLAH

by Yulius Satria Wijaya July. 26, 2013 36961 views

Sekolah Masjid Terminal atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Master” didirikan pada tahun 2000 dikawasan terminal Depok. Sekolah Master digagas karena keprihatinan seorang laki-laki sederhana asal Tegal, Nurrohim yang awalnya hanya seorang pedagang kaki lima di terminal Depok, terketuk hatinya saat melihat anak jalanan yang berkeliaran di terminal tanpa mengenyam bangku pendidikan.

Lahan seluas sekitar 6 ribu meter yang dijadikan 12 ruang kelas, saat ini Master memiliki siswa kurang lebih berjumlah 2 ribu orang. Mereka menuntut ilmu di sekolah itu dengan menempati bangunan semi permanen, dan sebagian lainnya menempati bekas boks kontainer.

Belum lama ini, tersiar wacana Sekolah Master akan digusur oleh pemerintah Depok. Dari luas lahan seluas 6 ribu meter milik Nurrohim, sekitar 4 ribu meternya dikabarkan akan terkena relokasi untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) di daerah Depok. Para pendidik dan murid Sekolah Master pun resah mengetahui soal penggusuran itu.

Hingga saat ini Sekolah Master masih menjadi harapan bagi anak jalan dan kaum dhuafa untuk bisa bersekolah, jika sampai digusur bagaimana nasib masa depan mereka, setidaknya orang-orang seperti Nurochim masih mau peduli, walaupun yang tertera dalam undang-undang seharusnya anak jalanan dan kaum dhuafa dipelihara negara, tapi kenyataannya pemerintah masih setengah hati masih banyak anak terlantar dan kaum dhuafa dijalanan dan belum terurus dan mengenyam bangku sekolahan. Yulius Satria WIjaya

Kebanyakan dari penghuni Sekolah Master adalah pengamen jalanan

Suasana siswa sekolah Master dalam kelas

Siswa sekolah Master didalam box kontainer yang menjadi ciri khas Sekolah Master

Street Punk Depok Master, saat berpose didepan lukisan dan tulisan karya anak Master yang berisikan kampanye “Save Master” dari penggusuran

Suasana sekolah Master. Akankah nasib sekolah Master akan menjadi bangunan seperti bangunan disekitarnya,

  Be the first to like this post
Join the conversation
1
There is 1 comment, add yours!
Mack 6 years, 1 month ago

Semuga Allah SWT menyelamatkan sekolah ini dan dimunculkan lebih banyak lagi Nurrohim.

6 years, 1 month ago Edited
Up
Copyright @Photoblog.com